Agustus 13, 2008

Jadi Pengusaha? Why Not


“RI butuh 4,4 Juta pengusaha”

Ini kalimat dari Ciputra Begawan Properti di Indonesia. Dia berharap di tahun 2025 nanti ada sekitar 4,4 juta pengusaha di Indonesia.

Klo kita liat keadaan sekarang ini keberadaaan pengusaha di Indonesia emang sangat kurang. Populasi pengusaha di Indonesia hanya sekitar 0,18% dari jumlah penduduk Indonesia, beda banget dengan singapura yang populasinya 7 % dan Amerika yang 11,5 %. Rata2 perusahaan yang ada di Batam juga punya orang singapura dan Jepang. kita cuman jadi pekerjanya, ibarat jadi kuli di negeri sendiri.

Mental masyarakat Indonesia sekarang memang masih mental pekerja, sedikit orang kita yang berjiwa entrepreneurship. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah pencari kerja yang hadir saat bursa kerja digelar. Bahkan ironis karena tak sedikit dari pencari kerja itu yang ternyata lulusan universitas dan punya sederet titel.

Padahal seharusnya mereka yang punya titel ato lulusan universitas itu harusnya dengan ilmu pengetahuannya bisa bikin sebuah usaha sendiri untuk mengurangi jumlah pencari kerja lain yang hanya lulusan SMA ato SMP. Kalo mereka juga ngantri nyari kerja orang2 lulusan SMA itu kerja apa nantinya.

Sekarang ini kebanyakan temen2 mahasiswa berjuang dapetin gelar cuman biar dapet posisi yang tinggi di tempat kerja nantinya. Orientasi awalnya udah kerja. Jarang banget yang tujuannya buat bikin usaha apa gitu yang bisa ngurangin pengangguran.

Mulai dari sekarang kita stop mental2 pekerja yang ada di diri kita, dan mulai tumbuhin jiwa entrepreneur. 9 dari 10 pintu rezeki ada di perdagangan ini sebabnya pengusaha selalu kaya karena pintu rezeki di situ emang banyak, dan kita rebutan nyari rezeki dari pintu yang sedikit aneh banget kan..

Start from now, lets become an entrepreneur to make Indonesia better..


Tidak ada komentar: