Agustus 08, 2008

Let's Visit Batam


Rasanya ga’ ada yang ga’ kenal Batam sebagai Kota Industri d. Pulau kecil yang tetanggaan ama Singapura ini emang penuh dengan industry dan menjadi salah satu daerah tujuan orang yang mw cari kerja.

Tapi di samping itu semua, ada yang harus diketahui ama semua orang nih. Selain sebagai tempat cari kerja, Batam juga kaya akan tempat yang potensial sebagai tempat wisata. Tahun ini Pemerintah Kota Batam mulai berbenah untuk mensukseskan program Visit Batam 2010, penyebaran logo visit batam dan sosialisasi mulai dilakukan, pembenahan di segala lini juga dikerjakan.

Dukungan dari berbagai pihak juga diperlukan, masyarakat, pemerintah dan pelaku bisnis pariwisata harus bisa bersinergi karena tanpa adanya sinergi tersebut program ini tidak akan berjalan lancar.

Ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan agar program ini sukses, yaitu Batam harus punya tempat wisata andalan dan buah tangan yang bisa jadi ciri khas Batam. Karena sejatinya wisatawan itu datang berlibur karena ingin melihat objek wisata & refreshing oleh karena itu tempat wisata andalan wajib dimiliki Batam.

Salah satunya mungkin pengelolaan pantai2 yang bertaburan di Kota Batam, Wisata religi juga bisa jadi andalan Batam, karena fakta membuktikan bahwa Mesjid Raya Batam merupakan Mesjid terindah di Kawasan Asia Tenggara. Selain itu banyak turis India asal Malaysia yang datang ke Batam ga cuman bwt belanja tapi juga bwt sembahyang. Selain itu aku pernah dengar dari temenku kalo di daerahnya (sekitar Batu Besar) banyak penduduk yang menjual kerajinan, Nah itu kalo dikelola pemerintah kan bisa jadi desa wisata juga.

Even tahunan kayak pagelaran seni daerah ato ‘Dragon Boat Race’ juga klo bisa diadakan setiap rutin hingga bisa jadi salah satu daya tarik wisata Batam.

Beside that, oleh-oleh juga menjadi salah satu hal yang wajib disediakan Batam. Karena ketika akan pulang para pelancong tersebut pasti akan membeli oleh2 bwt kerabat sebagai bukti klo dia udah berkunjung ke Batam.

Perbaikan sarana dan prasarana umum juga harus jadi perhatian, dan bwt masyarakat kecil seperti kita dapat berkontribusi dengan cara mulai memelihara lingkungan sekitar kita, membiasakan sikap ramah sehingga ketika tiba waktunya nanti kita sudah terbiasa bersikap demikian dan itu bisa menjadi nilai ++ bagi Batam.

Nah, karena PR yang harus diselesein lebih banyak dari waktu yang kita miliki maka ini bukan saatnya bersantai, Saatnya bekerja. Setidaknya kita bisa turut sedikit memberikan kontribusi bagi Kota Indah yang masih tersaput lumpur ini agar bisa benar-benar indah.

Tidak ada komentar: