Agustus 23, 2008

Oryza Sativa dan Kerendah-Hatian


“Semakin berisi, semakin menunduk”

Ilmu ini bisa kita pelajari dari padi, ketika dia memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan orang lain, alih2 mendongakkan diri, dia menundukkan dirinya. Semakin tinggi pencapaiannya maka semakin rendah tundukannya.

Suatu hal yang saat ini mungkin sudah menjadi barang langka. Lihatlah mereka yang ada di sekeliling kita, mereka yang punya jabatan di sekitar kita, mereka yang merasa dirinya penting atau hajat hidup orang banyak ada di tangan mereka. Jarang sekali yang mempunyai sikap seperti padi ini, biasanya mereka berubah cenderung angkuh.

Para pejabat dan wakil rakyat kita yang seharusnya bertugas melayani rakyat malah balik ingin dilayani rakyat, ini salah satu akibat karena tidak memiliki kerendah-hatian tadi. Merasa bahwa dengan pencapaiannya saat ini, ia harus dihormati.

Lucu, karena ternyata mereka yang (katanya) dianugerahi berbagai kelebihan dan merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna ternyata tidak lebih baik dari tanaman padi. Haruskah padi saja yang mengelola negeri ini, agar keadaan menjadi lebih baik dan sejahtera?

TANYA KENAPA?

2 komentar:

arylangga mengatakan...

thanks infonya...saya pengen sharing nih..kalo perusahaan anda butuh kegiatan team building..saya bisa membantu..thanks

N O E mengatakan...

nice post ka....
semoga Qt termasuk Orang2 yang rendah hati.... ^_^
(amin)