Agustus 08, 2008

BETAPA PRAGMATISNYA KITA...

“Udah itu gampang, ntar aja”

Kalimat ini sering banget aku denger waktu rapat perencanaan sesuatu. Terlalu menyepelekan sesuatu, hal ini sering banget terjadi.

Kadangkala, saking rapatnya pengen cepet selesai semua digampangkan dan dipikirkan sambil lalu aja. Klo kata she “…just let it flow”.

Terlalu pragmatis, itu yang terjadi pada kita dan orang di sekitar kita (lo aja kali gw enggak…-korban Ruben Onsu-). Pragmatis tu sendiri kasarnya sih ingin cari gampangnya aja. misalnya, jika ada masalah cari solusinya yang gampang aja. padahal engga semua persoalan bisa diselesaikan dengan cara seperti ini.

Nah, kadang hal yang sering disepelekan tu permasalahan teknis. Sibuk memperdebatkan konsep namun menyepelekan hal-hal teknis. Di satu sisi aku seneng karena ini membuktikan kalo ternyata banyak jumlah pemikir di Negeri ini (yah, setidaknya di sekitar ku). Tapi kemudian menjadi aneh karena jumlah orang yang mencari kerja tiap tahun terus bejubel saat bursa kerja digelar.

Muncul pertanyaan kemudian, Negeri ini (boleh dibaca: di sekitarku) kebanyakan pemikir ato pemalas sebenernya?

Nah, ada baiknya sifat pragmatis ini dikurangi sedikit demi sedikit. Perencanaan yang matang akan menentukan tingkat keberhasilan sesuatu, oleh karena itu kurangi hal-hal mendadak pada sesuatu yang tidak bersifat insidental. Kerjakan apa yang bisa dikerjakan hari ini coz ‘a good plan today is better than a perfect plan tomorrow’.

(tulisan ini ditujukan khusus untukku)…

Tidak ada komentar: