Agustus 23, 2008

Refleksi Wisudawan Angkatan VI Politeknik Batam


Hari ini sekitar 100 orang mahasiswa Politeknik Batam bakalan diwisuda. Aku yakin inilah hari yang mereka tunggu2, saat2 dimana perjuangan selama 3 tahun menunjukkan hasilnya.

"Selamat deh bwt Wisudawan dan Wisudawati Politeknik Batam Angkatan ke-VI. Semoga Sukses Selalu"

Beberapa hari kemarin sempat ngobrol2 dengan Calon Wisudawan (kita sebut CW aja), mukanya waktu itu kusut banget. Ga' keliatan rona kegembiraan karena akan diwisuda. Setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya dia mulai menceritakan kegalauannya, ternyata CW ini memikirkan mw kerja dimana ntar abis kuliah.

DOONG...

Yah, sebuah pernyataan yang membuat aku sadar kalo kelulusan adalah sebuah pintu gerbang menuju dunia realita. Sebuah gerbang untuk menjalani perjuangan baru, perjuangan hidup sesungguhnya.

Ketika sudah tamat kuliah maka ada beban baru pada diri kita seberapa bergunanya kita di tengah masyarakat, seberapa besar manfaat kita dengan ilmu yang telah kita pelajari selama ini.

Sebenernya (klo menurut aku) ada yang salah dengan paradigma si CW tadi, kenapa bingung nyari kerja, sekarang klo mindsetnya buka usaha or become an entrepeneur ga ada yang perlu dikahawatirkan. karena satu hal yang harus kita ingat klo :

"Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya perdagangan itu di dunia ini adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki ( HR Ahmad ). "
Nah, sekarang kenapa ga' coba jadi pengusaha...?

Tidak ada komentar: