September 10, 2008

Mereka pun Puasa...

Tahu ga sih ternyata engga cuman manusia aja loh yang berpuasa. Makhluk lain pun berpuasa untuk mendapatkan sebuah keindahan.

Berikut ini beberapa contoh makhluk lain (hewan atopun tumbuhan) yang berpuasa untuk sebuah keindahan :

Ulat, kayaknya ga bakal ada yang ga tau dengan fenomena luar biasa yang dialami seekor ulat untuk sebuah keindahan. Ketika menjadi ulat semua orang jijik terhadapnya, tapi ketika dia memutuskan untuk berpuasa dalam kepompongnya maka yang kemudian terjadi adalah ulat tersebut menjadi seekor kupu-kupu indah yang disenangi semua orang.

Hal ini juga terjadi pada pohon flamboyan, dia menggugurkan seluruh daunnya yang indah hingga terlihat seolah-olah mati. Tapi semua itu dilakukannya untuk memunculkan bunga-bunga cantik yang hanya bisa didapatkan dengan menggugurkan seluruh daunnya terlebih dahulu.

Inilah bentuk puasa dan perenungan yang dilakukan untuk mencapai sebuah keindahan. Begitupun puasa yang kita lakukan sekarang ini selama bulan Ramadhan, puasa menempa kesabaran kita hingga akhirnya kita mencapai keindahan seperti kupu-kupu dan cantiknya bunga flamboyan.

Nah, lantas bagaimana jika tidak berpuasa di bulan Ramadhan ini, tentunya sama seperti ulat yang tak kunjung menjadi kepompong serta pohon flamboyan yang tidak menggugurkan daunnya, selamanya mereka tidak akan mendapatkan sebuah keindahan.

Tidak ada komentar: